Teori Musnahnya Kehidupan Dinosaurus

Hai teman pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai Teori musnahnya kehidupan Dinosaurus, Dinosaurus merupakan mahluk hidup yang hidup di zaman dahulu, bagaimana orang mengetahui bahwa dinosaurus ini ada ? yaitu melalui fosil atau tulang-belulang dari dinosaurus yang di temukan oleh para peneliti. Nah Ada banyak sekali kemungkinan musnahnya kehidupan Dinosaurus mulai dari teori yang berhubungan tentang "Luar Angkasa", Pemanasan Global, Dan lainnya. Jadi di artikel ini akan kami jelaskan beberapa teori tentang musnahnya kehidupan Dinosaurus, mari di simak teori penjelasan berikut ini yaitu:

 
Foto diambil dari : pixabay.com/en/users/ooakosimo-1386016

1. Hujan Meteor menghantam bumi

Teori pertama mengenai musnahnya kehidupan Dinosaurus adalah Hujan Meteor, di mana saat itu ada banyak sekali meteor di sekitar bumi yang bertumpuk siap untuk jatuh ke bumi. Setelah tumpukan meteor dengan besar yang cukup untuk menghantam bumi tersebut tertahan beberapa lama di sekitar bumi kemudian masuk ke atmosfer dan menghamtam bumi. Ledakan atau kehancuran yang di hasilkan oleh Hujan Meteor ini memang sedikit tetapi karena jumlahnya sangat banyak hingga mengakibatkan hampir seluruh mahluk di bumi pada zaman tersebut musnah.

2. Jatuhnya Meteor raksasa ke Bumi

Selanjutnya kita ke teori Jatuhnya Meteor raksasa ke Bumi yang mengakibatkan kematian masal pada dinosaurus pada zaman dulu. Teori ini mirip dengan teori yang sebelumnya yaitu Hujan meteor, Dimana perbedaan di antara teori Hujan Meteor dengan Jatuhnya Meteor raksasa ke Bumi adalah pada Teori Meteor raksasa jumlah meteor yang jatuh ke bumi hanya satu tetapi dengan ukuran yang sangat besar ya kemungkinan 100 hingga 1000 kali lebih besar dari meteor yang biasa kita lihat pada saat bintang jatuh atau meteor jatuh di langit pada malam hari.

Pada teori Jatuhnya Meteor raksasa ke Bumi ini bumi hancur berantakan akibat sebuah meteor yang sangat besar jatuh ke bumi pada jutaan tahun yang lalu ini mengakibatkan musnahnya kehidupan Dinosaurus pada zaman tersebut hingga hanya menyisahkan tulang-belulangnya saja, tetapi untuk beberapa dinosaurus yang dapat bertahan hidup maka sangat berutung sekali karena beradaptasi di zaman tersebut sangatlah sulit di mana sangat sedikit tumbuhan dan mahluk hidup lain yang dapat di makan sudah pasti membuat mahluk yang bertahan hidup dari bencana ini tetap harus terseleksi hingga hanya sedikit yang dapat hidup dan beradaptasi dengan lingkungan.

3. Gunung Meletus

Hmmm diantara kalian para pembaca ada yang sudah pernah datang ke danau terbesar di Indonesia (Danau Toba)? Jika ya pasti kalian tau bagaimana besarnya danau toba tersebut. Nah para peneliti mendapatkan beberapa teori melalui penelitian di sana bahwa "dulunya" danau toba merupakan sebuah gunung raksasa yang diameternya luar biasa hingga letusannya dapat menghabisi hampir seluruh mahluk di bumi ini.

Di perkirakan pada zaman dinosaurus gunung toba sedang aktif dan siap untuk meletus, nah pada saat meletusnya gunung toba ini maka hancurlah peradaban dinosaurus pada zaman tersebut dimana letusan, lahar panas, awan panas dan partikel lainnya yang di keluarkan oleh gunung toba mengakibatkan kematian masal yang maha dahsyat hingga punah lah dinosaurus pada zaman tersebut.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa dulunya seluruh pulau yang ada di bumi ini menyatu tetapi terpecah karena dahsyatnya letusan gunung toba ini mengakibatkan getaran gempa yang cukup untuk memecah belah pulau hingga menjadi bumi yang sekarang ini.

4. Banjir karena Melelehnya es di kedua kutub

Ada yang suka nonton Ice Age?. Nah pasti kalian tau bagaimana filmnya ketika peradaban dinosaurus musnah akibat es di kutub meleleh akibat panas di bumi yang berlebih. Luar biasanya banjir ini hingga mengakibatkan kematian masal yang luar biasa bagaimana tidak banjir ini hingga dapat mengabisi dinosaurus yang ukurannya sangat lebih besar di bandingkan dengan manusia. Bahkan untuk beberapa dinosaurus yang kita lihat kerangkanya ada yang hingga sebesar sebuah gedung. Maka sudah pasti banjir ini tinggi dari airnya dapat melewati gedung hingga dapat menenggelamkan dinosaurus yang sangat besar.

5. Zaman Es

Nah yang terakhir dari Teori musnahnya kehidupan Dinosaurus adalah Zaman Es. Zaman Es merupakan teori terbalik dari teori Banjir karena Melelehnya es di kedua kutub sebelumnya. Dimana teori ini menyebutkan bahwa cahaya dari matahari tertutupi oleh suatu objek yang lumayan besar hingga pada zaman tersebut sebagian besar dari bumi tidak mendapatkan cahaya matahari yang panas hingga mengakibatkan bumi menjadi dingin. Bumi tidak mendapatkan panas matahari untuk waktu yang lumayan lama hingga mengakibatkan bumi menjadi beku dan dingin maka dinosaurus yang tidak mempunyai bulu rambut dan lainnya tidak dapat beradaptasi dengan suhu yang dingin menjadi mati. Pada zaman Es ini hewan yang paling cocok bertahan hidup adalah mamouth atau mahluk hidup yang bentuknya seperti gajah besar tetapi mempunyai bulu untuk mendinginkan tubuhnya.

Nah itulah tadi 5 Teori bagaimana musnahnya kehidupan Dinosaurus pada zamannya, ya kembali lagi pada kalian silahkan percaya atau tidak tetapi itulah tadi beberapa teori mengenai bagaimana musnahnya kehidupan Dinosaurus yang sangat sering di perbincangkan mulai dari penyebab faktor LUAR ANGKASA hingga GUNUNG meletus yang menjadi penyebabnya.

Nah itulah isi dari artikel ini, Yaitu tentang "Teori musnahnya kehidupan Dinosaurus". Yup sekian artikel ini semoga membantu kalian yang "mengetahui apa saja Teori atau bagaimana kejadian musnahnya kehidupan Dinosaurus pada zaman dahulu" jangan lupa share dan komen di bawah.Sejarah terciptanya bumi menurut ilmu astronomi

0 Response to "Teori Musnahnya Kehidupan Dinosaurus"

Catat Komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel