Monosakarida

Manusia juga tidak bisa lepas dari Monosakarida untuk mencukupi energi dan bahan bakar di dalam tubuh. Monosakarida merupakan senyawa karbohidrat dalam bentuk gula paling sederhana. Monosakarida penting perannya guna menstabilkan fungsi otak dan supaya otot-otot tubuh bisa bekerja normal. sedangkan kerangka Monosakarida berupa karbon berikatan ganda terhadap atom oksigen yang membentuk gugus karbil dan masing-masing membentuk gugus hidroksil.


Monosakarida ini meliputi glukosa, galaktosa, manosa, fruktosa, dan lainnya. pada rumus monosakarida yaitu (CH20H)n. Sementara itu monosakarida terbagi menjadi beberapa bagian seperti triosa (C7H1203), terosa (C4H804), pentosa (C5H1205), heksosa (C6H1206), serta heptosa (C7H1207).

Berikut penjelasan mengenai glukosa, galaktosa, manosa, fruktosa yang merupakan bagian dari monosakarida.

Glukosa.
Glukosa merupakan bagian utama gula darah yang bisa terbentuk dari peti, glikogen, maltosa. pada tubuh kita peranan glukosa sangat penting dalam menghasilkan energi. Keberaddaan glukosa memang sangat penting bagi makhluk hidup, terutama bagi manusia.

Galaktosa.
Galaktosa pada umumnya berkaitan dengan glukosa dalam bentuk laktosa, yakni gula yang berbentuk dalam susu. untuk rasa, galaktosa kurang manis dibandingkan dengan glukosa, serta kurang mudah larut dalam air.

Ciri-Ciri Umum Pada Monosakarida
Bentuk monosakarida dapat diketahui dengan rincian ciri-ciri sebagai berikut :

1.     Merupakan karbohidrat paling sederhana tidak dapat memecah air lebih lanjut (hidrolisis/reaksi kimia yang memecah air).

2.     Merupakan kristal padat bebas larut di dalam air.

3.     Dapat diserap langsung oleh alat percernaan.

4.     Tidak berwarna.

5.     Berasa manis

Baca : Apa Itu Supernova ?

Monosakarida yang merupakan senyawa karbohidrat dalam bentuk gula mempunyai sifat-sifat umum seperti dibawah ini :

1.     Reaksi Senyawa Yang Menyerap Ion Hidronium (Basa) dan Yang Memberi Proton (Asam)
Bila glukosa di masukan ke ion hironium yang encer maka beberapa jam kemudian dihasilkan campuran yang terdiri dari fruktosa, monosa, serta sebagian glukosa semula.

2.     Gula Pereduksi
Pada sebagian karbohidrat terdapat gula pereduksi dan sifat gula pereduksi tersebut disebabkan oleh adanya gugusan aldehida dan katon.

 
Gambar Wikipedia Struktur Sakarida

Beberapa struktur monosakarida terbentuk seperti bentuk rantai lurus, bentuk cincin dan yang lain. monosakarida pada bentuk cincin biasanya mempunyai atom karbon lebih dari lima yang membentuk ikatan kovalen dengan atom oksigen dari gugus hdroksil.

Monosakarida yang merupakan sakarida itu sederhana dan tidak diuraikan lagi menjadi melekul lebih sederhana secara hidrolis itu terdapat beberapa struktur seperti yang telah diterangkan di atas. adapun monosakarida yang paling adalah gliseraldehida dan isomernya.
sementara itu berdasarkan jumlah atom karbon bahwa monosakarida di golongkan ke dalam tri, tetha, penta dan heksa 

Gambar perpustakaancyber.blogspot.de

Contoh Monosakarida Dengan Jumlah Atom C yang berbeda :

Jumlah Atom C Nama Contoh
1.     Diosa Glikoladehida

2.     Triosa Gliseraldehida

3.     Tetrosa Eritrosa, Treosa, Eritrolosa

4.     Pentrosa Arabinosa, Liksosa, Ribosa, Ksilosa, Ribulosa, Ksilulosa

5.     Heksosa Glukosa, Alosa Altrosa, Manosa, Gulosa, Idosa, Galaktosa, Talosa

6.     Heptosa Sedoheptulosa, Manoheptulosa

Untuk rumus senyawa monosakarida itu adalah Cx(H20)y yang dikelompokan menjadi beberapa jenis seperti tabel di atas.
Pada monosakarida yang sederhana mempunyai kerangka karbon lineir dan bercabang dengan cuma satu gugus karbonil (C=0) ditambah satu gugus hidrosil (OH) yang menempel di tiap-tiap karbon

Identifikasi Monosakarida.
- Uji Molisch
Uji Molisch merupakan pengujian kualitatif untuk mengetahui adanya karbonhidrat.uji Molisch ini ditandai sesuai dengan sang penemu pengujian yaitu Han Molisch, ia seseorang ahli botani dari australia.
Uji Molisch di dasari oleh riaksi dehedrasi karbohidrat oleh asam sulfat yang membentuk cincin furfural berwaran ungu. pada reaksi tersebut di tandai munculnya cincin ungu di permukaan antara lapisan asam dan lapisan sampel.

Demikian penjelasan tentang Monosakarida yang merupakan senyawa karbohidrat dalam bentuk gula dan paling sederhana. Monosakarida sangat penting bagi otak dan tubuh manusia.

3 Responses to "Monosakarida"

  1. anak IPA ya gan? tulisannya berbobot heheh

    BalasPadam
  2. Mantap tulisannya bagus, salam sukses gan..

    BalasPadam
  3. Monosakarida ialah karbohidrat yang sederhana, yang berarti molekulnya hanya tersusun dari beberapa atom karbon saja dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis. Umumnya monosakarida disusun oleh 3 samapai 7 atom karbon, dan jumlah atom penyusunnya tersebut mempengaruhi pemanaan masing-masing monosakarida

    BalasPadam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel